• (0725)44365 / (0725)49669
  • bprmetromadani@gmail.com
  • Jl. AH. Nasution No. 74 Yosorejo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
icon

Need Help? call us free

(0725)44365 / (0725)49669

No Telp / Fax

Tips Mengatur Keuangan saat Bulan Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Blog Details

Bulan Ramadhan di tahun 2020 kali ini datang dengan nuansa yang berbeda. Kali ini bulan Ramadhan datang di kala masa wabah pandemi COVID-19 tengah merambah di berbagai belahan dunia. Yang menjadi dampak dari adanya pandemi COVID-19 ini tak hanya sektor kesehatan dan melayangnya nyawa manusia, namun juga dari sektor perekonomian.  

Para pekerja banyak di PHK, di rumahkan, dan dikurangi gaji bulanannya di masa pandemi ini. Padahal biasanya di bulan ramadhan justru pengeluaran kita akan bertambah banyak. Mulai dari membeli takjil hingga membeli perlengkapan untuk lebaran dan sebagainya.  

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan saat bulan Ramadhan di tengah pandemi COVID-19. Check it out! 

1. Menyusun anggaran keuangan

Jika biasanya kalian mendapatkan uang THR di bulan Ramadhan dan bisa membelanjakannya sesuka hati untuk keperluan lebaran maka mungkin tahun ini akan berbeda. Beberapa dari kalian mungkin tidak mendapatkan uang THR.  

Karenanya, kalian wajib menyusun anggaran keuangan kalian dengan baik dan tepat. Berikan budget khusus pada hal-hal yang kalian rasa sangat penting dan tidak bisa dikurangi. Dan jika memang ada hal yang bisa dikurangi dalam pengeluaran, maka kalian bisa mengurangi hal tersebut untuk lebaran kali ini agar pengeluaran kalian tidak membengkak.  

2. Masak untuk berbuka puasa

Jika biasanya kalian banyak membeli makanan untuk berbuka puasa, maka sebaiknya di masa pandemi ini kalian mengurangi membeli makanan di luar. Selain untuk menjaga kesehatan kalian sendiri selama masa pandemi COVID-19 juga untuk menghemat pengeluaran kalian.  

Kita semua tentu tahu bahwa memasak sendiri jauh lebih hemat daripada membeli. Selain itu dengan memasak sendiri kalian juga bisa menjamin kandungan gizi dan kebersihan makanan yang dimasak. 

3. Utamakan kebutuhan

Kita tentu sebagai manusia mempunyai banyak keinginan terutama saat menjelang hari raya. Keinginan beli baju baru, membeli banyak camilan dan lain sebagainya tentu tak bisa dielakkan.  

Namun kalian wajib nenyadari bahwa di tahun ini mungkin keuangan kalian tidak sama dengan momen lebaran di tahun sebelumnya karena adanya pandemi corona. Nah, karenanya kalian wajib mengutamakan kebutuhan daripada keinginan kalian.  

Buatlah sebuah skala prioritas mulai dari barang yang paling penting dan sangat dibutuhkan letakkan di urutan nomor satu dan barang yang hanya merupakan keinginan serta masih bisa ditunda pembeliannya di urutan paling bawah.  

4. Komitmen 

Semua prencanaan yang kalian buat hanya akan sia-sia jika kalian tidak berkomitmen, Sobat. Komitmen yang kuat dalam menghemat anggaran sangatlah penting supaya apa yang kalian rencanakan berjalan dengan baik. Karenanya jangan pernah lupa untuk memiliki komitmen yang kuat ya agar kalian tidak mudah tergoda membeli barang di luar yang kalian anggarkan.

https://kumparan.com/karjaid/tips-mengatur-keuangan-saat-bulan-ramadhan-di-tengah-pandemi-corona-1tNGmupqlxu/full 

Komentar (0)

Tinggalkan Komentar